Kamis, 06 Juli 2017

Kandungan Terong Ungu

Kandungan Terong Ungu
Terong ungu ini banyak dimanfaatkan oleh orang- orang di Indonesia sebagai sayuran yang dapat diolah menjadi hidangan yang sangat lezat. Banyak rumah makan atau warung di Indonesia yang menyajikan terong  ungu sebagai salah satu menunya. Terong ungu biasanya diolah menjadi terong balado, terong krispi, hingga terong penyet. Namun, sebenarnya manfaat apakah yang bisa kita dapat dari terong ungu ini? Mengkonsumsi terong ungu dengan intensitas sering apakah dapat menimbulkan efek samping tertentu? Setidaknya ada berbagai zat yang terkandung di dalam terong ungu, yaitu :
  • Vitamin, terong mengandung banyak vitamin. Setidaknya ada enam vitamin yang terkandung di dalam terong yaitu manfaat vitamin A, manfaat vitamin B Kompleks, manfaat vitamin C, manfaat vitamin E, manfaat vitamin D dan manfaat vitamin K.
  • Zat besi
  • Antosianin
  • Ellagic Acid. Ellagic Acid ini merupakan salah satu komponen fenolik yang berfungsi menghambat pertumbuhan sel kanker, mencegah rusaknya gen, serta mencegah menggumpalnya darah.
  • Phycocyanian. Phycocyanian dalam terong ini merupakan protein kompleks yang berperan sebagai pembentuk sel darah merah dan juga putih, menstimulasi kerja sel batang yang terdapat dalam sumsum tulang belakang, menyembuhkan pendarahan, serta melawan radikal bebas karena memiliki sifat antioksidan
Dilihat dari kandungannya yang begitu banyak, maka sudah pasti terong ungu ini mempunyai manfaat bagi tubuh. Manfaat terong bagi tubuh adalah :
1. Menjaga kesehatan jantung
Kandungan antosianin ini merupakan senyawa flavonoid yang mempunyai fungsi melindungi sel dari sinar UV, dan juga sebagi obat untuk penyakit kanker dan juga jantung.
2. Mencegah kanker
Kandungan antosianin ini juga berperan mengobati kanker dan kandungan Phycocyaniannya dapat mencegah serta melawan sel kanker.
Alternatif untuk pencegahan kanker lainnya yaitu :
3. Melancarkan pencernaan
Kandungan manfaat serat yang cukup banyak pada terong akan membantu memperlancar sistem pencernaan.
4. Membantu menghentikan kebiasaan merokok
Terong dikenal mengandung sedikit nikotin, sehingga dapat mencegah kebiasaan merokok bagi Anda.
5. Untuk diet
Manfaat terong ungu ini mempunyai peran yang sangat membantu bagi yang ingin melakukan diet. karena terong ungu ini dapat mencegah timbulnya lemak- lemak yang bisa membuat tubuh menjadi gemuk.
6, Anti bakteri
Kandungan vitamin C pada terong berfungsi sebagai anti bakteri.
7. Mencegah anemia
Salah satu zat yang terkandung di dalam terong adalah zat besi. Manfaat zat besi ini berfungsi mencegah anemia.
8. Melembabkan kulit kepala
Vitamin yang terkandung dalam terong ini baik untuk melembabkan kulit kepala
9. Mengontrol gula darah

Terong ini memiliki kandungan serat tinggi dan rendah karbohidrat larut, sehingga dapat mengontrol gula darah karena penyerapan glukosa dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Welcome To My Blog Blogger Template by Ipietoon Blogger Template