Minggu, 02 Juli 2017

cara mudah menguasai ketrampilan mendengarkan dalam bahasa Inggris (listening skill)

Berikut telah kami rangkum 8 cara mudah menguasai ketrampilan mendengarkan dalam bahasa Inggris (listening skill):
1.    Mungkin terdengar klise tapi menguasai listening (juga skill yang lain) hanya memiliki satu kunci: pembiasaan. Maka #Tips 1: biasakan mendengar dalam bahasa Inggris.
2.    #Tips 2. Apa yg didengar juga penting. Usahakan se’otentik’ mungkin. Otentik = berasal dari native speaker atau penutur asli bahasa Inggris. Medianya banyak: film, lagu, podcast, dsb.
3.    #Tips 3. Awalnya tidak usah terlalu membingungkan artidari apa yang didengar. Yang terpenting adalah sering dan rutin mendengarkan. Cukup sering sampai bahasa Inggris yang kita dengar tidak terdengar seperti ‘bahasa alien’ (perasaan ini pasti ada ketika kita mendengarkan bahasa asing).
4.    #Tips 4. Selain terbiasa mendengar, dari situ Anda juga bisa menambah vocabulary (perbendaharaan kata), meniru pronunciation (pelafalan), dan mengenali grammar (pola tata bahasa).
5.    #Tips 5. Tidak perlu terpaku dengan 1 jenis bahasa Inggris (British English saja misal). Coba belajar listeningdengan berbagai macam aksen dan dialek. Masih berhubungan dengan #Tips 5, karena di dunia nyata kita akan bertemu dengan penutur bahasa Inggris dari berbagai negara dan tempat. Misal: Perancis, Jepang, India, dsb.
6.    #Tips 6. Jika Anda mempunyai mp3 player atau smartphone, ayo manfaatkan gadget ini. Isi dengan konten berbahasa Inggris lalu dengarkan sambil jalan. Simple.
7.    #Tips 7. Yang masih jarang mendengarkan lagu bahasa Inggris, coba perbanyak. Ini bukan karena ingin gegayaan ya, tapi karena kita ingin belajar! Masih berhubungan dengan #Tips7, pilih jenis musik, penyayi, atau band yang Anda suka. Pasti sekarang banyak kan pilihannya? Justin Bieber mungkin? 😉
8.    #Tips 8. Listening itu seperti melihat iklan. Pertama dengar kita tidak ngeh. Dua kali, tiga kali, empat kali, dst, makin terbiasa. Maka wajib hukumnya untuk sesering mungkin.
Oh ya, perlu kami peringatkan juga nih: hati-hati juga saat memilih lagu karena tidak sedikit yang liriknya terlalu ekspilit dan menggunakan kata-kata yang kurang sopan. Maka ingat untuk selalu mengecek rating lagu yang ingin didengarkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Welcome To My Blog Blogger Template by Ipietoon Blogger Template